;

INFO MUDIK LEBARAN TAHUN 2009

Diposting oleh wiratama Senin, September 14, 2009

puasa1430h.png



Arus Mudik pada saat merayakan lebaran, menjadi agenda tahunan bagi daerah - daerah sepanjang Pantai Utara. Tak terkecuali Kabupaten Kendal, yang tepat berada ditengah -tengah Jalur Utama Jakarta - Surabaya.

Faktor kecapaian setelah menempuh perjalanan panjang menjadi perhatian dan kewaspadaan bagi pengendara. Lebih - lebih dengan adanya perubahan paradigma lima tahun terakhir ini. Lima tahun yang lalu angkutan umum merupakan primadona bagi para pemudik, sehingga jumlah angkutan umum yang tersedia tidak mencukupi bagi pemudik yang pulang kampung, dengan demikian penumpang yang mencari angkutan umum karena masih sedikitnya kendaraan pribadi. Namun lima tahun terakhir paradigma berubah : angkutan umum yang mencari penumpang, kita lihat banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor, perusahaan - perusahaan menyediakan bis gratis bagi karyawan maupun pelanggannya, volume kendaraan pribadi meningkat serta angkutan sewa rental yang semakin murah. Sehingga arus lalu lintas akan semakin padat rawan kemacetan dan kecelakaan.

Pemerintah Kabupaten Kendal bersama POLRES Kendal telah mengantisipasi dan mempersiapkan para pemudik, agar tertib; lancar, aman dan nyaman dalam bermudik ria serta selamat sampai tujuan.

  1. Layanan arus mudik jalan raya, AKDP dan Udara dimulai H -7 s/d H + 7 tanggal 14 September sampai dengan 29 September 2009, sedangkan untuk Kereta Api H-10 s/d H +10 tanggal 11 September s/d 2 Oktober 2009 ; untuk laut H - 15 s/d H + 15 tanggal 06 September s/d 7 Oktober 2009.
  2. Sarana angkutan umum di Kabupaten Kendal untuk Angkutan Perdesaan tersedia 872 unit kendaraan; angkutan perkotaan 53 unit ; angkutan perbatasan 332 unit dan AKDP 126 unit kendaraan, dengan didukung 4 terminal yakni Terminal Weleri; Terminal Sukorejo; terminal Boja dan Terminal Kendal.
  3. Wilayah -wilayah / lokasi rawan kemacetan adalah:
    • Jalan Raya Kaliwungu Km 21.4 Smg - Pkl tepatnya di depan pasar Kaliwungu. Pada lokasi ini terjadi pasar tumpah menjelang lebaran, frekwensi lalu lintas Kereta Api yang cukup tinggi; pengguna jalan heterogen, menyeberang jalan tidak secara kolektif; becak dan dokar memotong jalan tidak pada tempatnya; bus dan angkot menaikkan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya. Pada H + 7 diselenggarakan keramaian perayaan syawalan di depan masjid Al Muttaqin Kaliwungu. Untuk menghindari kemacetan silahkan ambil jalur alteri utara.
    • Jalan Raya Cepiring Km.34.3 Smg - Pkl tepat di depan pasar Cepiring penyebabnya sama antara lain : pasar tumpah menjelang lebaran; pengguna jalan heterogen; menyeberang jalan tidak secara kolektif; becak dan dokar memotong jalan tidak pada tempatnya; bus dan angkot menaikkan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya. Namun demikian jalan ini sudah empat jalur dan dua arah.
    • Jln Raya Kec Weleri Km 45.6 Smg - Pkl. Tepatnya sekitar pasar Weleri sumber kemacetan adalah pasar tumpah menjelang lebaran, jarak 300 meter dari pasar terdapat lintasan Kereta Api dengan frekwensi yang cukup tinggi; pengguna jalan heterogen, menyeberang jalan tidak secara kolektif; becak dan dokar memotong jalan tidak pada tempatnya; bus dan angkot menaikkan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya. Untuk menghindari kemacetan disarankan ambil jalur alteri utara Weleri.
  4. Lokasi Rawan Longsor terdapat di jalur arah Selatan yakni:
    • Jalan Umum Cebak Pageruyung Km. 10 Weleri - Pageruyung.
    Jalur ini bagi pemudik yang menempuh jalur alternatif ke Magelang melalui Weleri - Sukorejo - Parakan Temanggung - Secang - Magelang. Kondisi jalan berbelok - belok dan bergelombang, kanan kiri jurang dan tanah labil.
    • Jalan Umum Darupono sampai dengan Sepetek Km 07 Kaliwungu - Boja.
    Jalur ini bagi pemudik yang menempuh jalur alternatif Kaliwungu - Boja - Gunung Pati - Ungaran atau Kaliwungu - Boja - Limbangan - Sumowono - Ambarawa. Kondisi jalan berbelok - belok dan bergelombang, kanan kiri jurang dan tanah labil.
  5. Untuk mengantisipasi apabila terjadi kemacetan di Jalur Pantura , dapat ditempuh jalur-jalur alternatif sebagai berikut:
    • Weleri - Sukorejo - Parakan - Temanggung.
    • Weleri - Sukorejo - Patean - Singorojo - Boja - Ungaran
    • Weleri - Sukorejo - Parakan - Sumowono - Ambarawa.
    • Weleri - Sukorejo - Parakan - Secang - Magelang
    • Weleri - Ngasinan - Gemuh - Pegandon - Putat - Kaliwungu - Boja
    • Tlahab - Gemuh - Pegandon - Putat - Kaliwungu - Boja
    • Weleri - Jln Baru Ngasinan - Caruban - Terminal Bahurekso
    • Ketapang - Jl. Tentara Pelajar - Patebon - Pegandon - Gemuh - Ngasinan - Weleri.
  6. Dalam rangka memberikan pelayan pada pemudik seperti : pengamanan ; laporan kemacetan; kecelakaan lalu lintas; Informasi; layanan kesehatan; tempat istirahat (rest area) dan lain -lain dibuka 7 Pos Pengamanan ( POSPAM ) selama 24 jam selama 16 hari, yang tersebar di lokasi:
    • POS PAM 1 : Lokasi Perbatasan Kendal - Semarang, Ds. Sumberejo Kaliwungu
    • POS PAM 2 : Lokasi Pasar Sore Kaliwungu
    • POS PAM 3 : Lokasi Depan Pasar Kendal
    • POS PAM 4 : Lokasi Depan Pasar Cepiring
    • POS PAM 5 : Lokasi Depan Rumah Makan Sari Rasa Gemuh
    • POS PAM 6 : Lokasi Alun - alun Sukorejo
    • POS PAM 7 : Lokasi Depan MAPOLSEK Boja.

info mudik

SELAMAT BERMUDIK RIA SEMOGA PERJALANAN ANDA SEKELUARGA TERTIB;
LANCAR; NYAMAN; AMAN; SELAMAT SAMPAI TUJUAN.

0 komentar

Posting Komentar

UPDATE ANTIVIRUS



TRANSLATE


English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese

BLOG TEMEN SEPERJUANGAN

Mengenai Saya

Foto saya
magetan, jawatimur, Indonesia
sesuatu yang indah jika kita merasakan keindahannya..!!!

MOHON ISI BUKU TAMU


ShoutMix chat widget